Tribun Ramadan

Lebaran 2022

Diperkirakan 100.000 Jemaah Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Pagi Ini

Tidak ada pengecekan barang seperti tas saat masuk area Masjid Istiqlal, namun jamaah harus menitipkan semua barang bawaan di loket penitipa

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Diperkirakan 100.000 Jemaah Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Pagi Ini
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Umat Islam melaksanakan Salat Tarawih pertama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (2/4/2022) malam. Masjid Istiqlal kembali menggelar Salat Tarawih dengan saf rapat seiring pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengizinkan ibadah secara normal pada bulan Ramadhan 1433 H karena menurunnya kasus positif Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Wartakota, Leonardus Wical Zelena Arga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu hal penting saat melaksanakan Salat Idul fitri adalah keamanan terhadap barang-barang bawaan.

Petugas keamanan, Ari Imron (35) mengatakan jumlah satpam saat salat idul fitri dinaikan tiga kali lipat dari yang biasanya hanya sekira 30 orang.

"Penambahan jumlah satpam supaya ikut menjaga barang bawaan jamaah yang melakukan salat Idul fitri besok pagi," ujar Ari saat ditemui di tenda satpam Masjid Istiqlal, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Minggu (1/5/2022).

Ari mengatakan, pengamanan akan diperketat dari sisi penjagaan luar dan dalam Masjid, supaya jamaah yang hadir tidak ricuh saat masuk ke area Masjid Istiqlal.

"Karena berdasarkan informasi dari pengurus masjid, akan ada kira-kira 100.000 jamaah yang datang,” ujarnya.

“Jadi dari segi pengamanan harus diperketat supaya tidak ricuh waktu jamaah masuk," imbuh Ari.

Ari menginformasikan, tidak ada pengecekan barang seperti tas saat masuk area Masjid Istiqlal, namun jamaah harus menitipkan semua barang bawaan di loket penitipan barang yang tersedia.

Penitipan semua barang bawaan tersebut dikatakan Ari, supaya jamaah dapat melaksanakan ibadah salat dengan aman dan nyaman.

"Waku masuk dari gerbang luar Masjid, kita mengingatkan agar jamaah selalu memperhatikan barang bawaan,” ucapnya.

 “Selain itu, kita mengarahkan para jamaah ke loket penitipan barang untuk menitipkan barang bawaan mereka," lanjut pria berumur 35 tahun itu.

Ari mengimbau, jamaah selalu memperhatikan barang bawaan termasuk dompet dan telepon genggam yang rawan hilang.

Selain itu, Ari mengimbau jamaah untuk memakai masker saat masuk ke area Masjid Istiqlal, dan menjaga jarak ketika berada di dalam masjid.

Hal tersebut supaya tidak terjadi lonjakan jumlah kasus Covid-19 setelah Idulfitri tahun 2022 ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas