Tribun

Hobi Touring Motor? Desa Sanankerto Bisa Jadi Pilihan Destinasi Desa Wisata Ramah Berkendara

Desa Sanankerto di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur menjadi desa wisata yang ramah berkendara.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Hobi Touring Motor? Desa Sanankerto Bisa Jadi Pilihan Destinasi Desa Wisata Ramah Berkendara
dok.
Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Sanankerto, salah satu desa wisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (24/9/2022). Desa ini dinyatakan sebagai destinasi ke-2 kegiatan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto 
 
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi Anda yang punya hobi berkendara jauh alias touring, kini ada destinasi favorit baru di Kabupaten Malang. Dia adalah Desa Sanankerto di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Desa Sanankerto dikenal sebagai salah satu desa wisata di bagian selatan Jawa Timur.

Pada Sabtu (24/9/2022) akhir pekan lalu  bersama Festival Pasar Rakyat yang berlangsung di Pasar Turen, Desa Sanankerto diresmikan sebagai destinasi ke-2 kegiatan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara.

Desa Sanankerto dinyatakan layak menyandang status Desa Wisata Ramah Berkendara karena memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar.

Selain itu, tersedia pula bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.

Hal yang paling menarik, Desa Sanankerto memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti Kawasan Wisata Boon Pring, Hutan Bambu Desa Wisata Sanankerto, hingga menyusuri Sungai Andeman.

Swandajani Gunadi, Direktur Marketing Adira Finance, saat meresmikan landmark desa secara simbolis, mengajak komunitas pencinta otomotif untuk melakukan touring atau berkendara ke desa wisata dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di desa Sanankerto.

“Kami mengajak sahabat-sahabat kami dari komunitas motor untuk touring bersama dan merasakan pengalaman liburan yang unik di Desa Wisata Sanankerto. Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan Sanankerto sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta otomotif, sekaligus memberikannya predikat sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara,” ujar Swandajani dalam keterangan pers tertulisnya yang dikutip Selasa (27/9/2022).

Termasuk dalam rangkaian Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Sanankerto, diselenggarakan pula Festival Pasar Rakyat di Pasar Turen Kabupaten Malang untuk menjadikan pasar rakyat di daerah desa wisata menjadi ruang publik kreatif.

Kegiatan ini diisi dengan pertunjukan kesenian, bazaar UMKM, dan literasi keuangan, serta kegiatan pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata bertajuk Desa Wisata Kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM setempat.

Selain dukungan penuh pemerintah, penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh sektor swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas